MELIRIK SEKOLAH BOARDING SCHOOL

Tahun ajaran 2013/2014 akan usai, patah tumbuh hilang baganti, gayungpun bersambut, seiring dengan perputaran waktu, tahun ajaran 2014/2015 pun datang menghampiri. Dengan datangnya tahun ajaran baru ini, tentunya orang tua mulai disibukkan dengan melirik berbagai sekolah dimana nantinya sang buah hati mereka akan melanjutkan pendidikannya demi menatap masa depannya yang gemilang. Hal ini bukanlah perkara mudah bagi orang tua, sekuat tenagapun orang tua akan terus berusaha mencarikan sekolah yang terbaik bagi sang buah hatinya, orang tua akan lebih selektif sekali memilihkan sekolah yang terbaik buat sang buah hati mereka tersebut, karena orang tua itu tidak ingin masa depan buah hati mereka hancur tidak tentu arah nantinya.

Kita lihat saja pergaulan remaja saat ini, sebanyak pergaulan yang kita anggap baik, ternyata lebih banyak pula yang tidak baiknya. Banyak remaja kita saat ini yang terjerumus kedalam hal – hal negatif, seperti narkoba, perjudian, pergaulan lingkungan yang tidak mendidik, dan banyak yang lainnya. Hal ini disebabkan karena masa remaja merupakan masa untuk mencari jati diri, apa lagi seusia SMP dan SMA. masa – masa yang sangat sensitif sekali, karena anak baru beranjak dari masa anak – anak menuju usia remaja yang memiliki tingkat penasaran dan keingin tahuan yang tinggi untuk mencoba terhadap sesuatu hal.

Tentu hal seperti inilah yang menyebabkan kegalauan hati orang tua, kemana sibuah hati akan diarahkan untuk melanjutkan pendidikannya ? sedangkan pergaulan remaja ditengah – tengah masyarakat saat ini sedang dilanda krisis moral yang sangat menyedihkan, para orang tua tentu berharap agar sibuah hati mereka tidak terseret juga kedalam ombak pergaulan remaja yang mengalami krisis moral ini.

Untuk meminimalisir hal – hal negatif dalam perkembangan usia remaja ini, tentulah harus kita lakukan penanaman dan pendekatan nilai – nilai keagamaan serta pembinaan yang sangat intensif terhadap kepribadian anak – anak kita. Untuk mewujudkan itu semua, Pesantren Terpadu Insan Cendekia Boarding School Payakumbuh, sekolah berasrama yang memadukan antara kecerdasan intelektual, spritual dan emosional, datang memberikan solusi untuk perkembangan keperibadian anak – anak kita. Lembaga pendidikan yang beralamat dijalan R.A Kartini, kelurahan padang keduduk, kompleks Mesjid Baiturrahim, kecamatan Payakumbuh Utara, kota Payakumbuh, Sumatera Barat ini, memiliki dua instansi pendidikan, yaitu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu ( SMP – IT ) Insan Cendekia boarding school Payakumbuh, dan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu ( SMA – IT ) Insan Cendekia boarding school Payakumbuh.

Seluruh peserta didiknya diasramahkan, dan diberikan pembinaan yang intensive dan konsisten setiap hari. Satu asrama memiliki satu orang pembina, yang akan selalu mengontrol dan memberikan pembinaan terhadap anak. Beragam program untuk pembentukan pembinaan keperibadian anak telah dikemas dengan sebaik mungkin, mulai dari anak bangun tidur sebelum shubuh , sampai tidur kembali dimalam harinya.

Sebelum subuh, anak sudah bangun, dan diarahkan oleh pembina untuk melaksanakan sholat tahajjud, membaca ayat-ayat Alqur’an sampai masuk waktu shubuh. Kemudian Sholat shubuh berjama’ah, dan dilanjutkan dengan muraja’ah hafalan ayat Alqur’an sampai pukul 06.00 WIB. Setelah itu anak – anak kembali ke asrama untuk mempersiapkan diri berangkat ke sekolah ( Mandi, berpakaian, dan sarapan ). Pukul 07.00 anak sudah berada disekolah untuk melaksanakan kegiatan tutor bahasa, yang dipandu oleh beberapa orang mentor, yang selalu memberikan kosa kata – kosa kata baru bahasa asing ( Arab, Inggris ) sebagai bekal bagi anak dalam percakapan sehari-hari diasrama. Kegiatan ini dilaksanakan dipagi hari sampai pukul 07.30 WIB. Kemudian baru dilanjutkan dengan PBM jam pertama dan kedua sampai pukul 09.50 WIB. Kemudian anak dibimbing untuk melaksanakan sholat dhuha ke mesjid. Setelah itu baru dilanjutkan dengan PBM kembali dan berakhir nantinya menjelang dzuhur. Anak-anak kemudian bersiap untuk melaksanakan sholat dzuhur berjama’ah di mesjid. Antara azan dan iqamah kegiatan selalu diisi dengan iqra’ul qur’an atau membaca alqur’an. Kemudian baru sholat dzuhur berjama’ah dan diakhiri nantinya dengan kultum oleh siswa dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

Kemudian anak – anak kembali ke Asrama untuk melaksanakan makan siang, dan bersiap kembali melaksanakan PBM dan berakhir nantinya pukul 15.05 WIB. Setelah itu anak – anak kembali diarahkan untuk bersiap – siap melaksanakan sholat ashar berjama’ah, yang diwali dengan membaca ayat alqur’an terlebih dahulu antara azan dan iqamah, dan diakhiri nantinya dengan kultum oleh siswa dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

Ba’da Ashar kegiatan dilanjutkan dengan olahraga mandiri, fhutsal, voli, takraw, bulu tangkis, dan yang lainnya, dan berakhir nantinya pukul 15.30 WIB. Kemudian seluruh siswa bersiap – siap ( mandi ) dan berangkat untuk melaksanakan tahfidz qur’an dan sholat magrib berjama’ah ke mesjid, pukul 18.00 WIB sampai menjelang magrib kegiatan diisi dengan tahfidzul qur’an di mesjid. Seluruh siswa menyetor hafalan mereka kepada guru tahfidz yang telah siap menerima setoran dari masing – masing siswa.

Setelah sholat magrib kembali di isi dengan kultum dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris, kemudian baru kembali ke asrama untuk melaksanakan makan malam dan bersiap – siap kembali ke mesjid untuk melaksanakan sholat isya berjama’ah. Antara azan dan iqamah kegiatan selalu diisi dengan iqra’ul qur’an atau membaca alqur’an, dengan disibukkan membaca alqur’an ini, akan mempermudah masuknya jiwa – jiwa kelembutan alqur’an itu sendiri kedalam hati mereka, karena membaca Alqur’an sudah menjadi kebiasaan dan rutinitas setiap harinya dan Khatam Alqur’an  minimal satu juz satu hari ( One Day One Juz ) sehingga terciptalah generasi – generasi yang memiliki akhlak qur’ani.

Kemudian baru dilaksanakan sholat isya berjama’ah, dan diakhiri nantinya dengan kultum oleh siswa dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Setelah kegiatan ini selesai, seluruh siswa melaksanakan belajar bersama ( Bimbel ) mengenai pembelajaran yang akan mereka pelajari besok disekolah, dengan ditemani oleh beberapa orang guru bidang studi sebagai tempat bertanya bagi siswa terhadap kesulitan yang dialami dalam belajar. Kegiatan ini berakhir pukul 21.30 WIB, kemudian siswa kembali ke asrama masing – masing, dan bersiap – siap untuk istirahat malam, tepat pukul 22.00 WIB segala aktifitas sudah berakhir, seluruh siswa sudah istirahat di Asrama.

About The Author

Comments

Related posts