Seminggu Mendulang Ilmu

Oleh: Zulherman Syafril, S.Pd.I
Kepala Sekolah SMP IT ICBS

SMP IT Insan Cendekia Boarding School (ICBS) diundang Kemendikbud dan Kemenag untuk mengikuti pelatihan SMP Berbasis Pesantren (SMP BP) di Bandung dan Solo. ICBS merupakan satu-satunya perwakilan SMP BP dari Sumatera Barat yang mengikuti acara ini.

Sebanyak 50 peserta terpilih dilatih selama tiga hari di Hotel Suite Marbella Bandung tanggal 9-12 Juni 2014. Selanjutnya, pelatihan dilanjutkan selama 3 hari pula di Grand Sahid Kusumo Surakarta pada tanggal 13-16 Juni 2014.

Kepala Sekolah SMP IT ICBS Zulherman Syafril SPd yang mengikuti acara ini mengaku banyak mendapatkan ilmu dan informasi baru. Ia mengaku salut dengan pemateri dan pemaparan seputar SMP BP yang ia dapat. “Kita bisa merangkum informasi dari sekolah lain. Bagaimana tantangan dalam menyelenggarakan pendidikan Islam ini,” paparnya.

Menurut Sang Kepsek, banyak diantara peserta SMP BP yang merintis sekolah agama dari banyak kesusahan dan rintangan. Banyak sekolah yang berjuang sangat keras demi mewujudkan adanya lembaga pendidikan di wilayahnya.

“Bagaimana sekolah-sekolah ini menyikapi setiap tantangan menjadi peluang. Karena kesungguhan mereka, setiap tantangan yang mereka hadapi dibantu Allah. Sehingga apa yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin,” papar Ustadz Zul.

Ia mengaku tertantang untuk menjalankan program-program yang ia dapat ke lingkungan ICBS. “Ini tantangan untuk kepada sekolah. Mereka diberikan tantangan lebih agar SMP BP ini bisa menunjukkan hal lebih dibanding SMP lainnya,” tambahnya.

Setelah merampungkan pelatihan tersebut, Ustadz Zulherman dan Ustadz Hannan Putra Lc pun membawa bantuan penyelenggaraan peningkatan mutu sebesar Rp 50 juta. “Ini nanti akan kita pos kan, ada untuk guru, kegiatan, sarana-prasarana, dan sebagainya,” pungkasnya..¦

About The Author

Comments

Related posts