Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-73 di ICBS Payakumbuh

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI sudah menjadi keharusan bangsa Indonesia. Perayaan dilakukan oleh berbagai pihak mulai dari instansi pemerintahan, perusahaan, dan dunia pendidikan. Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh juga melaksanakan perayaan tersebut.

Pada Jumat pagi (17/8), para siswa ICBS Payakumbuh mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73. Upacara dilaksanakan secara bersamaan di tiga kampus ICBS yakni kompleks Azhar Padang Kaduduak, kompleks Ummul Qura Lampasi, dan Kompleks Qoryatul Hafazah Harau. Para siswa terpantau khidmat dalam mengikuti upacara tersebut.

“Upacara dilakukan untuk menyelami makna dan nafas kemerdekaan yang digaungkan oleh proklamator dan para pejuang kemerdekaan RI,” ujar Kepala SMP IT ICBS Payakumbuh Ustaz Edi Rusydi Arrasyidi, Jumat (17/8).

Ustaz Eddi mengatakan, generasi muda harus dapat melakukan banyak hal untuk mengisi dan memaknai arti kemerdekaan dengan langkah nyata. “Tentu saja bukan lagi dalam bentuk perjuangan fisik atau sekedar hanya melaksanakan upacara bendera, melainkan lebih pada melakukan banyak hal berguna agar Indonesia memiliki kemerdekaan dalam arti yang sesungguhnya,” tuturnya.

Hal itulah yang dipatrikan kepada para siswa ICBS sehingga bertekad untuk mempersembahkan dedikasi dan kontribusi terbaik bagi bangsa ini. “Hari ini mereka isi dengan kesungguhan menimba ilmu dan mengukir prestasi, hari esok akan mereka penuhi kewajiban untuk membangun dan menjadi pemimpin negeri ini, insya Allah,” ucap Alumnus Pasca Sarjana IAIN Batusangkar itu optimis.

Sementara itu, Dewan Pembina ICBS Payakumbuh Ustaz Ahmad Maududi mengatakan, kemerdekaan adalah rnikmat dari Allah yang patut disyukuri. Dalam konteks pendidikan, sekolah harus menyiapkan generasi yang kokoh untuk mengisi kemerdekaan. “Kalau kita kenang perjuangan kemerdekaan dulu, pesantren berperan besar dalam mengusir penjajah. Sekarang saatnya pesantren menghasilkan generasi yang siap untuk mengisi kemerdekaan,” tuturnya.

Selain upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, ICBS Payakumbuh juga melakukan berbagai perlombaan untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan. Seperti di kompleks putri Ummul Qura Lampasi, para siswi mengikuti lomba pacu karung, lomba makan kerupuk, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ). Sementara di kompleks Azhar Padang Kaduduak, malam harinya digelar pagelaran seni untuk menampilkan kretifitas para siswa.

About The Author

Comments

Related posts