ICBS Payakumbuh Gelar Pelatihan Pengasuhan untuk Pembina Asrama


Selain proses belajar mengajar di ruang sekolah, pembinaan santri di asrama mendapatkan perhatian penuh dari Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pembina asrama terus ditingkatkan baik itu melalui pelatihan secara berkala maupun bentuk-bentuk peningkatan kualitas SDM lainnya.

“Alhamdulillah, akhir pekan kemarin, kami sudah memberikan pelatihan pengasuhan kepada para pembina asrama untuk meningkatkan kualitas pembinaan terhadap santri,” ujar Kepala Bagian SDM ICBS Payakumbuh Boy Martin, Senin (8/10).

Dalam pelatihan yang diikuti puluhan ustaz-ustazah pembina asrama di Kampus ICBS Harau, Sabtu-Minggu, 6-7 Oktober 2018 itu, diajarkan berbagai materi tentang pembinaan santri antara lain materi Pondasi Pengasuhan di Asrama Berbasiskan Nilai. “Alhamdulillah, di ICBS, nilai-nilai keislaman yang menjadi acuan utama disamping ilmu-ilmu pendidikan modern, sudah dibuatkan standarisasinya berupa SOP,” ucap Boy.

ICBS sebagai pesantren yang berbasiskan Standart Operating Procedure (SOP) telah mengatur berbagai aspek pembinaan santri meliputi ibadah, akhlak, kebersihan, ketertiban, pengaturan jadwal, dan seterusnya. Bahkan santri ke toilet pun ada SOPnya yang ditempel sehingga bisa dibaca semua santri.

Boy menegaskan, santri ICBS dituntut untuk disiplin menerapkan berbagai SOP itu baik di lingkungan sekolah, apalagi di lingkungan asrama. “Makanya, peran pembina asrama sangat penting, sehingga berbagai pelatihan untuk peningkatan kualitas SDM pembina terus kami lakukan demi membentuk generasi yang islami, mandiri, cerdas, dan berprestasi,” tuturnya.

About The Author

Comments

Related posts