English for School, Program Inovatif ICBS Payakumbuh Bersama Riverside Kediri


Berbagai program inovatif dan terobosan baru terus dilahirkan oleh Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh dalam memberikan layanan pendidikan terbaik bagi siswanya. Selain sebagai sekolah tahfiz dan sekolah sains, ICBS merupakan sekolah bahasa yang menghasilkan anak didik yang mampu menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Khusus untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswanya, ICBS meluncurkan program English for School sejak Agustus 2019. Program tersebut bekerja sama dengan lembaga kursus Riverside dari Pare, Kediri, Jawa Timur yang terkenal dengan Kampung Inggrisnya.

Kepala SMP IT ICBS Payakumbuh Ustaz Eddi Rusydi Arrasyidi yang juga Ketua Panitia Program English for School menyampaikan, program ini merupakan terobosan baru, karena memang program yang bekerja sama dengan lembaga eksternal berkaitan dengan Bahasa Inggris, baru kali ini dilakukan.

“Sebelumnya sebenarnya sudah ada program bahasa, tapi sifatnya internal. Sekarang kami menjalin kerja sama dengan Riverside yang mengirim 28 orang tutornya ke ICBS,” ujarnya.

Para tutor dari Riverside tersebut tinggal di asrama ICBS selama 3 bulan hingga Oktober mendatang, untuk menjadi coach ataupun pendamping pembiasaan Bahasa Inggris bagi siswa sehari-hari baik di kelas maupun di asrama.

“ICBS sebagai sekolah berasrama menjadikan program Bahasa Inggris sebagai salah satu prioritas, di samping sebagai sekolah Islam yang juga memprioritaskan Bahasa Arab. Alhamdulilah, Allah memberikan kesempatan kepada kami untuk bekerja sama dengan Riverside, kalau siswa datang langsung belajar ke Kediri, bisa menghbiskan biaya yang lebih besar mencapai jutaan rupiah,” tutur Ustaz Eddi.

Program English for School lebih banyak mengajarkan siswa lebih berani untuk speaking dan terus untuk menambah vocabularynya melalui penugasan yang diberikan tutor. “Tidak menutup kemungkinan bagi siswa untuk bertanya tentang writing sehingga mereka bisa menulis dan berkarya dalam bahasa Inggris. Untuk praktek listening sekolah juga memfasilitasi adanya alat-alat pendukung sehingga tak hanya kemampuan berbicara yang diasah, namun juga kemampuan mendengarnya juga dipertajam,” kata Ustaz Eddi.

Disampaikan Ustaz Eddi, untuk program English for School di kelas, tim kurikulum ICBS melakukan pembagian dan penyesuaian jadwal bagi para tutor untuk mengajar berdasarkan kebutuhan di kelas masing-masing. Menariknya, program ini tak hanya untuk para siswa, tapi juga untuk peningkatan dan pengembangan Bahasa Inggris bagi para guru, tenaga pendidikan, adminstrasi, keuangan, dan pelayanan ICBS.

“Sehingga bahasa Inggris ini menjadi sudah sangat biasa di ICBS bahkan tidak lagi menjadi bahasa yang asing karena sudah jadi komunikasi harian,” ucapnya.

Ustaz Eddi berharap program ini dapat berjalan dengan baik sehingga output yang ditargetkan, agar siswa ICBS menjadi terbiasa dalam berbahasa Ingrris dapat terwujud.

“Alhamdulillah, sewaktu libur Idul Adha kemarin, banyak respon positif dari orang tua terhadap perkembangan bahasa Inggris anak-anaknya. Semoga jadi program yang berkelanjutan di masa datang,” ujarnya.

Untuk diketahui, Riverside adalah salah satu lembaga pendidikan bahasa Inggris yang terbesar di Kampung Inggris, Pare, Kediri. Dengan dibimbing oleh tutor yang telah memahami seluk beluk, kekurangan dan kelemahan metode serta pembelajaran di Kampung Inggris selama 10 tahun, Riverside secara natural hadir untuk memberikan metode yang lebih efektif dan efisien dalam memperdalam dan menguasai Bahasa Inggris bagi siswa ICBS.

 

 

 

 

About The Author

Comments

Related posts