Ribuan Santri ICBS Payakumbuh Ikuti Apel Akbar HSN 2019 Tingkat Sumbar


Para santri Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh mengikuti apel akbar Hari Santri Nasional (HSN) 2019 Tingkat Sumbar di gelanggang Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, Kamis (17/10). Ribuan santri ICBS tampak khidmat mengikuti apel bersama santri dari pondok pesantren lainnya se-Kota Payakumbuh.

“Alhamdulillah, semua santri kami mengikuti apel akbar kali ini. Jumlahnya ada 2504 orang santri,” ujar Pimpinan ICBS Payakumbuh Ustaz Roni Patihan, Lc bersama Pengasuh ICBS Ustaz Ahmad Maududi, Lc, MA.

Tak hanya sebagai peserta apel, para santri ICBS bahkan bertindak sebagai pelaksana dalam apel tersebut. “Mulai dari MC, pembacaan ayat suci Alquran, komandan apel, dan paduan suara. Itu dari ICBS,” ucapnya.

Pada momen tersebut, Ustaz Roni mengucapkan selamat Hari Santri Nasional 2019. “Hari santri kali ini terasa istimewa karena kita sudah memiliki UU Pesantren sehingga eksistensi pesantren di Indonesia pada masa depan akan lebih baik lagi. Kami bersyukur atas hal itu dan terima kasih kepada pemerintah,” tutur Ustaz Roni.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya mengaku merasa tersanjung dan terhormat dengan ditunjuknya Kota Payakumbuh sebagai tuan rumah apel Akbar HSN 2019 Tingkat Sumbar. Menurutnya, pesantren punya peran besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Bahkan pesantren yang punya saham paling besar dalam perjuangan kemerdekaan. Santri adalah tulang punggung pembangunan bangsa. Mereka mempunyai moralitas dan spiritualitas yang tinggi. Tak ada bangsa besar dan maju tanpa kekuatan moral dan spiritual,” ucapnya.

Kepada para santri, Riza berpesan agar terus berupaya dalam mencerdaskan diri masing-masing. “Jangan biarkan diri dalam keadaan kebodohan, jangan dilalaikan oleh gadget dan hal yang melalaikan lainnya. Gapai mimpi ananda semua dan jadilah pemimpin-pemimpin bangsa kelak. Selamat Hari Santri,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri menyampaikan apresiasinya kepada Kota Payakumbuh yang ponpesnya semakin maju, modern, dan berprestasi. Hal tersebut terbukti dalam pentasi PAI tingkat nasional di Makassar beberapa waktu yang lalu. “Kontingen Sumbar berhasil menjadi Juara Umum 2 Nasional. Dan 2 medali emasnya, disumbang oleh santri dari ponpes Payakumbuh,” ucapnya.

Untuk diketahui, penyumbang medali emas tersebut adalah santri ICBS, M. Farhan Al-Ghifari pada cabang Musabaqah Hifdzil Qur’an dalam ajang Pentas PAI Tingkat Nasional.

Apel Akbar HSN 2019 yang juga dihadiri oleh pimpinan ponpes se-Payakumbuh itu mengambil tema
“Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia.” Apel Akbar terasa unik karena dipandu oleh MC dari ICBS dengan memakai 4 bahasa yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang.

About The Author

Comments

Related posts