Santri ICBS Payakumbuh Ikuti Lomba Hafalan Hadits Tingkat Nasional


Santri Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh Muhammad Dhonan Lathif ikuti Lomba Hafalan Hadits Tingkat Nasional. Lomba diadakan oleh Kedubes Arab Saudi di Hotel Balairung Jakarta, 4-6 Februari 2020.

Direktur Tahfiz Qur’an dan Hadits ICBS, Ustaz Qudwah Sulani menyampaikan rasa syukurnya atas keikutsertaan santrinya dalam ajang tersebut. Pasalnya tidak semua pesantren di Indonesia yang lulus dalam ajang yang memperebutkan hadiah senilai 15 ribu riyal itu. “Alhamdulillah, kami merasa bersyukur dan beruntung karena santri kami sudah lulus sebelumnya dalam seleksi musabaqah hafalan hadits ini,” ucapnya.

Adapun materi hadits yang dilombakan adalah 400 hadist yang termaktub dalam kitab Umdatul Ahkam yang dikarang oleh Al-Hafizh Abdul Ghani al-Maqdisi (w. 600 H). Kitab ini termasuk di antara kitab rujukan utama di dalam bidang fikih ibadah.

Ustaz Qudwah berpesan agar Dhonan, tetap meluruskan niat dalam menjalani perlombaan sehingga tidak semata mengejar hadiah yang besar. “Niatkan ikhlas karena Allah, sehingga kita senantiasa diberkahi dalam kegiatan tersebut dan bertambah mantap hafalan serta ilmu haditsnya,” tuturnya.

Untuk diketahui, Muhammad Dhonan Lathif adalah santri kelas 11 Timteng Kompleks ICBS Harau. Dhonan tercatat sebagai santri ICBS yang berprestasi. Sebelumnya dia juga sudah menjadi juara satu MFQ Tingkat Sumbar 2019 dan mewakili Provinsi Sumbar pada MFQ Tingkat Nasional.

About The Author

Comments

Related posts