Empat Cara Jadi Guru Menyenangkan ala Kepala SMP IT ICBS Payakumbuh


Bertepatan dengan Hari Guru Nasional , Rabu (25/11), Kepala SMP IT Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Ustaz Eddi Rusydi Arrasyidi menyampaikan kiat ataupun cara menjadi guru yang menyenangkan bagi peserta didik.

“Pertama, atraktif. Tidak bisa dipungkiri kalau guru yang atraktif bisa mencuri perhatian siswanya. Atraktif di kelas maksudnya bukan berpenampilan seperti badut, melainkan atraktif saat sang guru menyampaikan materi pelajaran. Cara penyampaiannya menarik dan mudah dimengerti oleh para siswanya. Guru yang atraktif bisa membangun kesan asyik selama proses pembelajaran berlangsung,” tuturnya.

Kedua, ramah. Semakin ramah sikap guru terhadap siswanya, maka akan semakin dekat pula siswa pada guru-gurunya tersebut. “Guru yang ramah juga justru akan lebih disegani, atau bahkan ditakuti siswa ketika suatu saat sang guru marah. Karena biasanya dia ramah dan tiba-tiba dia marah, besar kemungkinan para murid kemudian berpikir tentang kesalahan apa yang telah mereka perbuat pada guru tersebut sehingga menyebabkan dia marah,” ucap penyandang Gelar Magister Pendidikan itu.

Ketiga, bersahabat. Guru yang bersahabat biasanya akan menjadi favorit para siswanya karena biasanya guru yang bersahabat bisa mengerti dan memahami posisi siswanya.

“Ya namanya juga anak-anak di usia remaja, masih harus diberikan pengertian-pengertian dan pendekatan yang tepat, khususnya dari para guru. Karena itu biasanya karakter guru yang bersahabat biasanya akan sangat disenangi siswa,” jelas Ustaz Eddi.

Keempat, humoris. Guru yang humoris bisa mencairkan suasana belajar yang biasanya terkesan membosankan. Guru yang humoris pun selalu menjadi karakter guru terfavorit. Karena dengan sisi humorisnya tersebut, para murid merasa tidak terlalu ada batasan perihal posisi antara guru dan siswa.

“Sering kali mata pelajaran dari para guru yang memiliki karakter humoris sangat ditunggu-tunggu, meski mata pelajaran itu jika diampu oleh guru yg lain menjadi mata pelajaran yang menakutkan,” kata Ustaz Eddi.

About The Author

Comments

Related posts