Sambut Hari Guru Nasional 2020, Inilah Catatan Kepala SMP IT ICBS Payakumbuh


Menyambut Hari Guru Nasional, Rabu, 25 November 2020, Kepala SMP IT ICBS Payakumbuh, Ustaz Eddi Rusydi Arrasyidi menyampaikan catatannya terhadap tantangan para guru di zaman sekarang khususnya bagi dunia pendidikan Islam.

Menurut Ustaz Eddi, sebagai guru dalam dunia pendidikan Islam tentu meneladani apa yang dilakukan Rasulullah SAW saat menyampaikan wahyu Allah kepada sahabatnya karena sejak awal Rasul mencontohkan cara yang tepat dalam mendidik para sahabat.

“Pendekatan yang humanis, pengenalan karakter yang komprehensif, serta bahasa yang lugas nan penuh kelembutan telah menjadi metode yang melekat dalam setiap proses pendidikan yang dilakukan Rasul bersama sahabatnya,” ujarnya.

Alumnus Pasca Sarjana IAIN Batusangkar itu menjelaskan, tantangan guru hari ini adalah bagaimana mereka bisa mengimplementasikan metode dan cara Nabi tersebut sekaligus membuktikan, bahwa pendidikan di dalam Islam memang adalah dunia yang kaya cara dan nilai-nilainya. “Guru itu harus selalu berusaha aktif dan inovatif, tidak pernah berhenti belajar dan terus menerus berkarya,” ucapnya.

Bagi Ustaz Eddi, menjadi guru adalah memandang profesi sebagai panggilan jiwa. Berusaha aktif dan inovatif, tidak pernah berhenti belajar dan terus menerus berkarya. Kolaborasi karakter itulah yang akan menaikkan level guru menjadi seorang inspirator. Karena hanya guru yang demikian yang mampu mengetuk otak dan hati peserta didiknya.

“Di sekolah, kehadirannya dirindukan dan ketiadaannya menjadi sebuah kerinduan. Alhamdulillah, biiznillah, di Insan Cendekia Boarding School, setiap guru harus berusaha menjadi yang terbaik dalam pengabdiannya. Selamat Hari Guru 2020,” pungkasnya.

About The Author

Comments

Related posts